Setting Totolink N300RT dengan 2 SSID : PPPoE + Wifi Voucher Dengan Mudah

Assalamualaikum Wr Wb
Salam POJOKAN-Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara konfigurasi Totolink n300rt untuk 2 SSID yaitu PPPoe dan Hotspot Voucheran.

Yang perlu diperhatikan adalah mikrotik kalian sudah dikonfigurasi pppoe dan hotspot. Jika kalian belum tau cara membuat hotspot dan PPPoE bisa lihat di link berikut Hotspot dan PPPoE.

Alat dan Bahan

  1. Totolink N300Rt
  2. Mikrotik
  3. Kabel Lan
  4. Laptop
Cara Konfigurasi
1. Colokkan kabel Lan dari laptop ke port lan pada totolinknya, buka totolink di browser dengan ip default nya 192.168.1.1
Lalu pastikan totolink sudah connect menggunakan metode PPPoE.

2. Klik Wireless – Multiple SSID 1 – Enable. Bagian SSID bisa dinamakan seperti berikut atau sesuai keinginan. Di bagian limit client itu adalah jumlah client yang bisa terhubung secara bersamaan di totolink tersebut. Klik Apply.
3. Klik Network – IPTv Setting – Enable. Centang seperti dibawah ini. Kali ini fokus ke “Wireless 2.4 Ghz Primary AP”, ini adalah wifi untuk pelanggan pppoe. Bagian Forwarding Rule pilih Nat karena pppoe masuk ke port WAN di Totolink. Bagian VID diisi bebas asal harus berbeda dengan hotspot nantinya.
Kali ini fokus kebagian yang AP 1, ini adalah wifi hotspot. Setiap wifi/port yang akan dijadikan jalur hotspot harus Forwarding rule nya bridge, dibagian VID harus berbeda dengan yang pppoe. Klik Apply.
4. Berikut tampilan di hp saya, terlihat ada dua ssid yang sudah saya buat diawal. Wifi dengan ssid Ahmad adalah wifi pppoe nya. Begitu saya coba sambungkan yang hotspot maka diperlukan autentikasi.
5. Langsung saya dialihkan ke halaman template login hotspot nya. Maka dengan demikian setting sudah selesai, sekarang totolink kalian sudah siap digunakan.
 
Semoga bermanfaat Salam Pojokan
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Related blog posts

%d blogger menyukai ini: